Mahasiswa Sulit Bangun Pagi

"Bagaimana mau membangun negara, bangun pagi saja tidak bisa", begitulah sindiran yang sering muncul utamanya di beberapa akun media sosial terkait sulitnya mahasiswa bangun pagi.
(sumber : http://upstation.unipin.co.id/2016/12/19/12-hal-ini-cuma-dirasain-oleh-orang-yang-susah-bangun-pagi-kamu-termasuk-yang-mana/)


Bangun pagi adalah sebuah hal sederhana, tapi sulit dilaksanakan. Ada banyak hal terjadi kenapa bangun pagi seperti sulit dilaksanakan. Ada banyak alasan mengapa sulit bangun pagi, tapi hal yang paling terasa adalah gaya hidup yang salah.

Dulu, pengalaman aku semasa masih belajar di SD, SMP dan Aliyah, bangun pagi adalah hal biasa. Mengapa ? Ada 2 alasan sederhana, pertama karena memang harus bangun pagi dan kedua karena ada yang membangunkan.

( sumber : http://arrasyid261.blogspot.co.id/2011/02/masa-remaja-merupakan-masa-yang-berapi.html)


Alasan pertama, karena memang harus bangun pagi untuk "melaksanakan" kewajiban masuk jam 7 pagi. Dari dulu memang, masuk jam sekolah selalu dimulai jam 7 pagi ( kecuali kalau ada ketentuan lain). Tuntutan harus masuk jam 7 pagi ini kemudian memaksa siswa untuk bangun pagi. Selama 12 tahun menempuh pendidikan dasar dan menengah, rasanya aku secara pribadi, selalu melaksanakan "tuntutan" untuk bangun pagi itu.

Alasan kedua, karena ada yang membangunkan. Ini sangat simple, tapi dampaknya besar. Salah satu orang yang paling dominan untuk menjadi "algojo" tukang membangunkan adalah Ibu kita. Sulit dipungkiri, faktor Ibu ini yang kemudian mempengaruhi kita, khususnya aku secara pribadi untuk dapat bangun pagi.

Kedua analisis "jenius" saya tadi, jika kemudian kita bandingkan dengan kehidupan pasca belajar di pendidikan dasar dan menengah, akan memberikan jawaban dari sebuah pertanyaan, mengapa Mahasiswa Indonesia susah bangun pagi ???

Jika kita baca kembali paragraf di awal tadi, alasan sulit bangun pagi tadi salah satunya adalah gaya hidup yang salah. Kebiasaan mahasiswa (termasuk aku sendiri), adalah melakukan banyak hal yang tidak semestinya tidak dilakukan. Katakanlah yang paling sederhana, kebiasaan begadang.  Kebiasaan ini kemudian mempengaruhi kehidupan setiap mahasiswa pasca begadang.

Begadang dikalangan mahasiswa bisa positif dan negatif. Menjadi positif jika itu mengandung kebaikan, misalnya mengerjakan tugas. Tapi menjadi negatif, misalnya untuk main ke klub malam, mabuk-mabukan, maen PS semalaman dan yang lainnya. Entah itu yang positif atau negatif, pada hakekatnya begadang adalah gaya hidup yang salah.


                (sumber :http://lembagapenalarandanpenelitian.blogspot.co.id/2015/03/artikel-kesehatan-begadang-senjata.html)

Ketika kita kemudian bandingkan dengan 2 alasan mengapa semasa belajar di pendidikan dasar dan menengah, mahasiswa "kehilangan" 2 alasan untuk dapat dapat bangun pagi. Belajar di pendidikan tinggi berbeda dengan sebelumnya, tidak ada lagi jam yang seragam ( kadang masuk kuliah pagi, siang atau sore), hal itu kemudian semakin membuat mahasiswa sulit bangun pagi. Hal itu ditambah dengan tidak adanya sosok Ibu yang biasanya membangunkan, okkeylah ada Alarm atau mungkin pacar yang bisa berperan, tapi bagaimanapun sosok Ibu sulit tergantikan dalam hal tugasnya membangunkan anaknya untuk bangun pagi.

Lalu bisakah mahasiswa bangun pagi ??? Jawabannya pasti !

Merubah gaya hidup adalah kunci untuk dapat bangun pagi. Cara merubahnya adalah dengan mulai diterapkannya pola hidup yang sesuai dengan kebutuhan aktivitas mahasiswa sendiri. Pengaturan pola sesuai kebutuhan ini penting, karena akan banyak perbedaan aktivitas di kalangan mahasiswa itu sendiri. Pola ini jika diterapkan dengan sebaik-baiknya, pada akhirnya dapat membuat mahasiswa bangun pagi dengan sendirinya.

(sumber : https://hafidhmind.wordpress.com/2014/11/06/kenapa-harus-bangun-pagi/)


(Tulisan ini dibuat dalam rangka merayakan keberhasilan saya bangun pagi selama 22 hari)


Comments

  1. saya sih selalu bangun pagi pas jadi mahasiswa. tapi malas ke kampus. hehehe

    salam
    ardentusstory.com

    ReplyDelete
  2. Aku selalu bangun pagi, tapi angger kerjaan ga beres-beres. Jangan-jangan masalahnya bukan di waktu bangun tidur yang harus selalu pagi toh ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti manajemen waktunya perlu di perbaiki ha,,,,,

      Delete
  3. Wah selamat ya bisa bangun pagi. Aku juga bisa bangun pagi, sekedar mematikan alarm lalu terpejam lagi :")

    ReplyDelete
  4. Saya kok tidur jam berapapun bangunnya pagi ya dari jaman jadul..kayaknya alarm Ibu saya selalu aktif di alam bawah sadar 😁

    Salam kenal,
    Tatat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Romantika Cinta Anak SMA dalam Film You Are The Apple of My Eyes

Pembumkaman Suara Mahasiswa